TANGGAPAN SISWA KELAS V TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN ATLETIK MATERI LOMPAT JAUH DI SD NEGERI 2 KRETEK BANTUL

Anggara, Dona (2019) TANGGAPAN SISWA KELAS V TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN ATLETIK MATERI LOMPAT JAUH DI SD NEGERI 2 KRETEK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa kelas V terhadap proses pembelajaran atletik materi lompat jauh di SD Negeri 2 Kretek Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan Teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 2 Kretek Bantul sebanyak 38 siswa. Ada 3 siswa tidak mengisi angket karena sakit, jadi total siswa yang mengisi angket penelitian sebanyak 35 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus Pearson Product Moment di dapatkan hasil r tabel 0,388 dan hasil butir soal yang valid berjumlah 32 butir dari 40 pernyataan. Uji reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,886 sehingga instrumen yang berisi butir-butir pernyataan tersebut adalah reliabel. Hasil penelitian mengenai tanggapan siswa kelas V terhadap proses pembelajaran atletik materi lompat jauh di SD Negeri 2 Kretek Bantul berada pada kategori cukup baik secara keseluruhan. Ada 2 siswa (5,71%) dalam kategori sangat baik, 9 siswa (25,71%) dalam kategori baik, 13 siswa (37,14%) dalam kategori cukup baik, 10 siswa (28,57%) dalam kategori tidak baik, 1 siswa dalam kategori sangat tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, Siswa SD, Proses Pembelajaran, Lompat Jauh
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:48
Last Modified: 03 Sep 2019 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65618

Actions (login required)

View Item View Item