FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN PANDAK BANTUL

Amri, Faisal (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN PANDAK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Faisal Amri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa kelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Pandak Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya survey. Populasi penelitian adalah siswa Kelas V Se-Kecamatan Pandak sebanyak 590 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 238 siswa. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pada faktor internal terdapat delapan faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa yaitu (1) kondisi fisik, pemahaman isi dan kebutuhan untuk membaca, (2) kemampuan membaca dan sikap, (3) pengelihatan dan pendengaran, (4) motivasi belajar dan kebutuhan tugas sekolah, (5) kematangan psikis, (6) pemahaman dan prestasi, (7) kondisi badan dan rasa ingin tahu, (8) struktur tubuh dan kebiasaan. Berkisar 54.52% sampai 83.61% kategori sedang sampai sangat tinggi. Pada faktor eksternal terdapat sepuluh faktor yang mempengaruhi yaitu (1) meniru orang tua, perhatian guru, mengikuti teman sebaya, ketersediaan bacaan, (2) ajakan teman sebaya, situasi kultural, pengamalan ajaran agama, (3) variasi bacaan dari guru, aturan dan kemudahaan mendapatkan bacaan di rumah dan perintah agama, (4) kemudahaan mendapatkan bacaan, (5) kelengkapan jenis bacaan dan ajaran agama, (6) penyediaan bacaan oleh orang tua dan ketersediaan tempat membaca, (7) tekanan teman sebaya, kultur dan iklim lingkungan, (8) dorongan dan ketersediaan bacaan dari guru, intensitas pergaulan dengan teman sebaya, (9) ketersediaan bacaan di rumah, (10) dorongan orang tua. Berkisar 70.06% sampai 84.73% kategori tinggi sampai sangat tinggi. Kata kunci: minat membaca

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:49
Last Modified: 03 Sep 2019 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65614

Actions (login required)

View Item View Item