PENGETAHUAN GURU PJOK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY) DI SMA SE-KOTA YOGYAKARTA

Ihsan, bnu (2019) PENGETAHUAN GURU PJOK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY) DI SMA SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat pengetahuan terhadap media pembelajaran berbasis ICT dikalangan guru PJOK SMA se-kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah menengah atas di kota Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan 40 guru dari 17 sekolah, instrumen yang digunakan adalah menyusun spesifikasi tes, menulis soal, menelaah soal tes, menganalisis butir soal, memperbaiki tes, merakit tes, melaksanakan tes dan menafsirkan hasil tes. Teknik analisis yang digunakan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa tingkat pengetahuan guru PJOK terhadap media pembelajaran berbasis ICT di SMA se-kota Yogyakarta diperoleh dengan hasil kategori “Tinggi” dengan persentase sebesar 43%, kategori “sedang” sebesar 33%, kategori rendah sebesar 18%, kategori sangat rendah sebesar 8%, dan bila dilihat dari rata-rata adalah 16.45 masuk kedalam kategori sedang. Berdasarkan ranah kognitif C1 sampai C5 tingkat pengetahuan guru terhadap media pembelajaran berbasis ICT di SMA se kota Yogyakarta persentase paling tinggi berada pada ranah kognitif Memahami (C2) dan mengaplikasikan (C3). Hal ini dikarena apabila dilihat dari analisis faktor yang mempengaruhi pengetahuan yaitu faktor pendidikan dan faktor pengalaman, dari data responden tingkat pendidikan semua responden sudah baik yaitu sarjana dan apabila dilihat dari pengalaman setelah dilakukan wawancara dengan sebagian responden maka dari faktor pengalaman sebagian guru yang diteliti memiliki pengalaman yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Guru PJOK Terhadap Media Pembelajaran Berbasis ICT
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:53
Last Modified: 03 Sep 2019 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65613

Actions (login required)

View Item View Item