PENGARUH LATIHAN KOORDINASI DENGAN DRILL PASSING TERHADAP AKURASI PASSING (CHEST PASS) PEMAIN BOLA BASKET DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

Kusumajati, Muhammad Ichsan (2019) PENGARUH LATIHAN KOORDINASI DENGAN DRILL PASSING TERHADAP AKURASI PASSING (CHEST PASS) PEMAIN BOLA BASKET DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh latihan koordinasi dengan drill passing terhadap akurasi passing (chest pass) pemain bolabasket di SMA Negeri 1 Prambanan. (2) Pengaruh pada kelompok kontrol terhadap akurasi passing (chest pass) pemain bola basket di SMA Negeri 1 Prambanan. (3) Kelompok yang lebih baik antara kelompok eksperimen yang diberikan latihan koordinasi dengan drill passing dan kelompok kontrol terhadap akurasi passing (chest pass) pemain bolabasket di SMA Negeri 1 Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “Control Groups Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler laki-laki bola basket di SMA Negeri 1 Prambanan yang berjumlah 12 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan total sampling, yang berjumlah 12 orang. Seluruh sampel dikenai pretest passing (chest pass) untuk menentukan kelompok, kemudian dipasangkan (matched) dengan ordinal pairing dalam dua kelompok dengan anggota masing-masing 6 orang. Instrumen passing (chest pass) menggunakan passing test dari AAHPERD Basketball Test. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan koordinasi dengan drill passing terhadap akurasi passing (chest pass) pemain bolabasket di SMA Negeri 1 Prambanan, dengan t hitung 6,500 > t tabel 2,571, sig 0,001 < 0,05 dan kenaikan persentase sebesar 14,86%. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan pada kelompok kontrol terhadap akurasi passing (chest pass) pemain bola basket di SMA Negeri 1 Prambanan, dengan t hitung 0,415 < t tabel 2,571, dan nilai signifikansi 0,695 > 0,05. (3) Kelompok eksperimen dengan latihan koordinasi dengan drill passing lebih baik daripada kelompok kontrol terhadap akurasi passing (chest pass) pemain bolabasket di SMA Negeri 1 Prambanan, dengan selisih rata-rata sebesar 4,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan koordinasi, drill passing, akurasi passing (chest pass)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:30
Last Modified: 03 Sep 2019 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65612

Actions (login required)

View Item View Item