SYAFRIATNA, INTAN (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.
|
Text
SKRIPSI_15803244013_INTAN SYAFRIATNA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2018/2019 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian yang dilakukan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi berdasarkan data hasil observasi dan angket. Berdasarkan data hasil observasi, skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi mengalami peningkatan sebesar 12,86% dari 74,40% pada siklus I menjadi 86,71% pada siklus II. Sedangkan berdasarkan data hasil angket, skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi mengalami peningkatan sebesar 9,97% dari 73,35% pada siklus I menjadi 83,13% pada siklus II. Secara keseluruhan, persentase skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi mengalami peningkatan sebesar 11,42% dari 73,75% pada siklus I menjadi 85,17% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KThink Pair Share (TPS), Motivasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:31 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |