PENGARUH INTENSITAS PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS 4 BANGUNHARJO SEWON BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Arifin, M. Latief Nur (2019) PENGARUH INTENSITAS PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS 4 BANGUNHARJO SEWON BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
M. Latief Nur Arifin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR), (2) tingkat motivasi belajar siswa, (3) pengaruh intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD se-Gugus 4 Bangunharjo Sewon Bantul tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD se-Gugus 4 Bangunharjo sejumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability random sampling. Sehingga diperoleh sampel sejumlah 107 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) pada siswa kelas IV SD se-Gugus 4 Bangunharjo berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 57.01% ; (2) tingkat motivasi belajar pada siswa kelas IV SD se-Gugus 4 Bangunharjo berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 59.91% ; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD se-Gugus 4 Bangunharjo Sewon Bantul tahun pelajaran 2018/2019, terbukti dengan dari persamaan regresi Y = 10,229 + 0,697X dengan nilai korelasi sebesar 0,561 dan nilai t hitung = 6,941. Pengaruh intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) dapat memprediksi sebesar 31,4% terhadap motivasi belajar, sedangkan 68,6% dipengaruhi oleh faktor lain, terbukti dari nilai R Square sebesar 0,314. Kata kunci: pekerjaan rumah, motivasi belajar, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:13
Last Modified: 02 Sep 2019 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65594

Actions (login required)

View Item View Item