PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH FULL DAY (STUDI DI SDIT LHI YOGYAKARTA)

Mamnum, Ginanjar Ghoiru (2019) PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH FULL DAY (STUDI DI SDIT LHI YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ginanjar Ghoiru Mamnun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan program pembelajaran full day school di SDIT LHI Yogyakarta; (2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan pelaksanaan program pembelajaran full day school di SDIT LHI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa di SDIT LHI Yogyakarta. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Guna memastikan keabsahan data, maka dilakukan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mencakup perencanaan pembelajaran (baik di dalam kelas maupun di luar kelas) dan pelaksanaan pembelajaran. (2) Perencanaan program pembelajaran dibuat dalam bentuk weekly program (program mingguan) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator pencapaian, pengorganisasian materi/bahan ajar, sumber belajar, media pembelajaran, skenario/kegiatan pembelajaran, serta penilaian hasil belajar. (3) Pelaksanaan program pembelajaran full day school di SDIT LHI meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (4) Kelebihan pelaksanaan program pembelajaran full day di SDIT LHI adalah optimalisasi pemanfaatan waktu pembelajaran, pengembangan minat dan bakat siswa, pengembangan kreativitas guru, kegiatan siswa dapat terkontrol dengan baik. (5) kekurangan dalam pelaksanaan program pembelajaran full day di SDIT LHI, yaitu belum ada monitoring dan evaluasi secara berkala dan masih ada kesenjangan antara guru baru dengan guru lama, serta kurangnya pergaulan siswa di luar sekolah. Kata kunci: program pembelajaran, full day school, SDIT LHI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:03
Last Modified: 02 Sep 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65590

Actions (login required)

View Item View Item