PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS IA SD NEGERI GEDONGKIWO

Millah, Fadiyatul (2019) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS IA SD NEGERI GEDONGKIWO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fadiyatul Millah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa menggunakan model project based learning pada siswa kelas IA SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Aspek sikap tanggung jawab yang diteliti meliputi 1) menyelesaikan tugas dan latihan yang menjadi tanggung jawabnya, 2) menjalankan instruksi sebaik-baiknya selama proses pembelajaran berlangsung, 3) bersikap kooperatif, dan 4) dapat mengatur waktu. Hasil belajar yang diukur adalah hasil belajar kognitif meliputi aspek mengetahui (C1), memahami (C2), dan menerapkan (C3). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, skala, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IA SD Negeri Gedongkiwo yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya persentase tanggungjawab yang memperoleh kategori tinggi dari pra tindakan sebesar 46,15% setelah menggunakan model project based learning pada siklus I meningkat menjadi 61.54%. Rerata hasil belajar siswa juga meningkat dari pra tindakan sebesar 69,62 menjadi 76,67 pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru yaitu menigkatkan perhatian siswa terhadap instruksi pembelajaran, membimbing setiap langkah kegiatan proyek, membuat kata kunci dan menandai informasi penting, menentukan pembagian tugas setiap anggota kelompok, persentase tanggungjawab yang memperoleh kategori tinggi meningkat. Persentase tanggungjawab yang memperoleh kategori tinggi pada siklus II mencapai 80,77%. Rerata hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus II mencapai 83,98. Kata kunci: tanggung jawab, hasil belajar, model project based learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:59
Last Modified: 02 Sep 2019 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65588

Actions (login required)

View Item View Item