MODEL PEMBELAJARAN MATERI KESEIMBANGAN BAGI SISWA KELAS I DENGAN METODE BERCERITA DI MI VIP PESAWAT KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Imaddudin, Muhammad (2019) MODEL PEMBELAJARAN MATERI KESEIMBANGAN BAGI SISWA KELAS I DENGAN METODE BERCERITA DI MI VIP PESAWAT KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Muhammad Imaddudin.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar keseimbangan pada siswa kelas 1 MI VIP Pesawat, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) lembar observasi, 2) dokumentasi, dan 3) catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan rata-rata persentase ketuntasannya antara 80%-90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran penjas dengan metode bercerita dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar keseimbangan siswa kelas I MI VIP Pesawat. Partisipasi siswa ketika pembelajaran penjas berlangsung cenderung rendah, namun ketika guru menggunakan metode bercerita partisipasi siswa meningkat. Partisipasi siswa ketika pra observasi hanya ada 1 siswa yang antusiasnya tinggi, namun setelah guru menggunakan metode bercerita antusias siswa yang sangat tinggi berjumlah 12 siswa. Begitu juga dengan keterampilan gerak dasar keseimbangan pada pra observasi sebesar 60%, pada siklus I tindakan I meningkat menjadi 66%, peningkatan pada tindakan II 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Pada tindakan ini keterampilan gerak dasar keseimbangan siswa meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata ketuntasan kelas berada diantara 80%-90%. Pada siklus I menggunakan cerita Jalan-Jalan ke Kebun Binatang dan pada siklus II menggunakan cerita Upin dan Ipin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode bercerita, materi keseimbangan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:58
Last Modified: 02 Sep 2019 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65587

Actions (login required)

View Item View Item