EFEKTIVITAS TERAPI MANIPULATIF DAN TERAPI PANAS TERHADAP PENURUNAN NYERI, PENINGKATAN RANGE OF MOTION (ROM) DAN FUNGSI GERAK PADA KASUS LOW BACK PAIN (LBP)

Wijaya, Febri (2021) EFEKTIVITAS TERAPI MANIPULATIF DAN TERAPI PANAS TERHADAP PENURUNAN NYERI, PENINGKATAN RANGE OF MOTION (ROM) DAN FUNGSI GERAK PADA KASUS LOW BACK PAIN (LBP). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_febri wijaya_17603149002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kasus low back pain banyak terjadi di masyarakat dan cenderung menjadi kronis sehingga memerlukan penanganan yang aman dan efektif. Dilakukannya penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui efektivitas terapi manipulatif dan terapi panas terhadap penurunan nyeri, peningkatan range of motion dan fungsi gerak pada kasus low back pain Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one grup pretest dan pottest. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien low back pain kronis yang datang ke bengkel therapy massage Pak Eko “Mafaza” yang dipilih melalui kriteria inklusi dan ekslusi, sampel di didapat dengan perhitungan rumus slovin. Subjek mendapat perlakuan terapi manipulatif berupa masase dan stretching selama 20 menit, dilanjutkan dengan kompres panas selama 20 s.d 30 menit. Instrumen yang digunakan yaitu visual analogue scale untuk mengukur skala nyeri, modifed schober test untuk mengukur range of motion dan modified schober test untuk mengukur fungsi gerak. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test ditunjukkan untuk menguji data yang terdestribusi normal sedangkan wilcoxon signed rank ditunjukkan untuk menguji data yang terdistribusi tidak normal dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan terapi manipulatif dan terapi panas dapat menurunkan skala nyeri dengan signifikansi (p<0,05) dengan efektivitas 52,87%, terapi manipulatif dan terapi panas dapat meningkatkan range of motion dengan signifikansi (p<0,05) dengan efektivitas 8,86%, terapi manipulatif dan terapi panas dapat meningkatkan fungsi gerak dengan signifikansi (p<0,05) dengan efektivitas 33,17%. Dapat disimpulkan terapi manipulatif dan terapi panas efektif terhadap penurunan skala nyeri, meningkatkan range of motion, dan fungsi gerak pada kasus low back pain.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. dr. Rahmah Laksmi Ambardini, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: terapi, low back pain
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:09
Last Modified: 03 Jun 2021 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65586

Actions (login required)

View Item View Item