IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR AKUNTANSI DALAM KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS X 1 AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

WAHYUNI, ERNA (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR AKUNTANSI DALAM KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS X 1 AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
FULLTEXT SKRIPSI-ERNA WAHYUNI-15803241050.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 untuk meningkatkan Kemandirian Belajar Akuntansi dalam Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada Siswa Kelas X 1 Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 dapat meningkatkan Kemandirian Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X 1 Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skor rata-rata Kemandirian Belajar Akuntansi siswa meningkat dari siklus I sebesar 70,52% ke siklus II sebesar 85,85% berdasarkan hasil observasi dan dari siklus I sebesar 74,31% ke siklus II sebesar 79,84% berdasarkan hasil angket. Terdapat lima indikator Kemandirian Belajar Akuntansi dalam penelitian ini dan kelima indikator tersebut telah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu 75%. Berdasarkan peningkatan rata-rata dan peningkatan pada setiap indikator Kemandirian Belajar Akuntansi tersebut, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini yang berbunyi “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 dapat meningkatkan Kemandirian Belajar Akuntansi dalam Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada Siswa Kelas X 1 Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019” dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar Akuntansi, Problem Based Learning (PBL), Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:12
Last Modified: 02 Sep 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65584

Actions (login required)

View Item View Item