PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019

UTARI, NUR FITRIA INTAN (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT_15803241024_Nur Fitria Intan Utari NEW.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. (3) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. (4) Pengaruh Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 127 siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Wonosari. Pengumpulan data mengunakan metode angket dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk hipotesi pertama, kedua, ketiga, dan analisis regresi ganda tiga prediktor untuk hipotesis keempat. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx1y = 0,348, r2x1y = 0,114, dan thitung > ttabel (4,012 >1,657) .(2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx2y = 0,275, r2x2y = 0,076 dan thitung > ttabel (3,204 >1,657). (3) Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx3y = 0,254, r2x3y = 0,064, dan thitung > ttabel (2,301 >1,657). (4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar, yang dibuktikan dengan Ry(1,2,3) = 0,391, R2y(1,2,3) = 0,153, dan Fhitung > Ftabel (7,398 > 2,678). Sumbangan Relatif (SR) masing-masing variabel yaitu Motivasi Belajar sebesar 57,67%, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 12,23%, dan Perhatian Orang Tua sebesar 30,10%. Sumbangan Efektif (SE) menunjukkan total sebesar 15,30% dengan rincian yaitu Motivasi Belajar sebesar 8,82%, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 1,87%, dan Perhatian Orang Tua sebesar 4,61%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang metode Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:04
Last Modified: 02 Sep 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65575

Actions (login required)

View Item View Item