IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL 4 SMK NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019

LESTARI, WAHYU (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL 4 SMK NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_15803241005_Wahyu Lestari.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AKL 4 SMK Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatif, tes, dan catatangan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data deskriptif kuantitatif terdiri dari menghitung skor Aktivitas Belajar Akuntansi, analisis kualitas tes, dan menghitung peningkatan Hasil Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AKL 4 SMK Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019. Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I sebesar 71.28% menjadi 90.03% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 18.75%. Jumlah siswa yang memperoleh skor Aktivitas Belajar Akuntansi ≥ 75% meningkat dari siklus I sebanyak 14 siswa (44%) menjadi 32 siswa (100%) pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 56%. Nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I pada pre test sebesar 44.06 menjadi 81.56 pada post test atau mengalami peningkatan sebesar 37.50. Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi meningkat dari pre test sebesar 28.98 menjadi 95.70 pada post test atau mengalami peningkatan sebesar 66.72. Ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi pada siklus I sebesar 13% meningkat menjadi sebesar 75% atau mengalami peningkatan sebesar 62% dan pada siklus II ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi meningkat dari sebesar 0.00% menjadi sebesar 100% atau mengalami peningkatan sebesar 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Sep 2019 01:50
Last Modified: 02 Sep 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65573

Actions (login required)

View Item View Item