PRADITATAMA, RAKHIL NUR (2019) PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.
|
Text
UPLOAD SKRIPSI LENGKAP.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Saku Akuntansi bagi siswa SMA/MA kelas XII IPS dengan materi Persediaan Barang Dagang; mengetahui kelayakan Buku Saku Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru Akuntansi, dan siswa dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4D(Four-D). Pada tahap Development, Buku Saku Akuntansi dinilai kelayakannya oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu guru akuntansi. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Buku Saku Akuntansi yaitu: 1) Define (Pendefinisian) 2) Design (Perancangan) 3) Develop (Pengembangan) 3) Disseminate (Penyebaran). Tingkat kelayakan Buku Saku Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,19 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,26 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 2,97 yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian Buku Saku Akuntansi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Akuntansi, Buku Saku |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 01:41 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 01:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65571 |
Actions (login required)
View Item |