TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS TENTANG TEKNIK DASAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI DI SMA/MA SE KABUPATEN SLEMAN

Rahmadhanty, Oktaviarini Yahya (2021) TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS TENTANG TEKNIK DASAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI DI SMA/MA SE KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_oktaviarini yahya rahmadhanty_17601244072.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknik dasar dalam pembelajaran bola voli merupakan hal mendasar untuk diketahui dan dipahami bagi seorang guru penjas. Tingkat pengetahuan dan penguasaan materi oleh seorang guru penjas sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru penjas khususnya dalam aspek kognitif dalam pembelajaran bola voli. Agar penelitian ini tidak meluas dan menjadi lebih fokus maka aspek yang diteliti adalah tentang tingkat pengetahuan teknik dasar dalam pembelajaran bola voli yang dibagi menjadi empat faktor yaitu teknik dasar service, passing, smash, dan block. Penelitian ini ialah penelitian jenis deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa True False Test dengan jumlah pernyataan 25 butir. Responden dalam penelitian ini adalah guru pjok SMA/MA yang mengikuti MGMP di Kabupaten Sleman sebanyak 60 guru. Hasil data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif lalu dituangkan ke dalam bentuk persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dikehaui bahwa tingkat pengetahuan guru penjas tentang teknik dasar dalam pembelajaran bola voli di SMA/MA se Kabupaten Sleman terdapat pada kategori sangat tinggi sebesar 15% (9 guru), kategori tinggi sebesar 58% (35 guru), kategori sedang sebesar 22% (3 guru), kategori rendah sebesar 5% (3 guru) dan kategori sangat rendah sebesar 0% (0 guru). Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan guru penjas tentang teknik dasar dalam pembelajaran bola voli di SMA/MA se Kabupaten Sleman terdapat pada kategori “tinggi”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:39
Last Modified: 04 Feb 2021 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65570

Actions (login required)

View Item View Item