PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA

Pratiwi, Maulida Rizqi and Istiyono, Edi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis permainan tradisional yang layak digunakan untuk pembelajaran materi momentum dan impuls. (2) Mengetahui peningkatan penguasaan materi pembelajaran fisika pada materi momentum dan impuls menggunakan media berbasis permainan tradisional. (3) Mengetahui capaian sikap kerjasama peserta didik menggunakan media berbasis permainan tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4-D model. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA dengan cara sampling random di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Pada tahap define, merencanakan media pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi dan sikap kerjasama peserta didik. Tahap design, merancang media pembelajaran berbasis permainan tradisional, perangkat pembelajaran, dan instrumen pengambilan data. Tahap develop, validasi produk oleh validator ahli dan praktisi, uji coba terbatas, serta uji coba operasional. Tahap disseminate, penyebarluasan media pembelajaran media pembelajaran berbasis permainan tradisional hasil pengembangan yang sudah layak digunakan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket respon peserta didik yang dianalisis menggunakan SBi dan nilai indeks Aiken, butir soal pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan ITEMAN, peningkatan penguasaan materi menggunakan standard gain, dan lembar observasi yang dianalisis menggunakan presentase ketercapaian sikap dan ICC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan media pembelajaran fisika berbasis permainan tradisional untuk peningkatan penguasaan materi dan sikap kerjasama peserta didik SMA yang layak digunakan pada materi momentum dan impuls. (2) Peningkatan penguasaan materi dengan media pembelajaran fisika berbasis permainan tradisional dengan hasil skor gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang. (3) Sikap kerjasama peserta didik menggunakan media permainan tradisional dundu tercapai sebesar 87 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Tradisional, Penguasaan Materi, Sikap Kerjasama
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Sep 2019 08:00
Last Modified: 04 Sep 2019 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65559

Actions (login required)

View Item View Item