IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERBANKAN DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2018/2019

SALSABILLA, SAFIRA (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERBANKAN DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Text.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung skor Prestasi Belajar Perbankan Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Keberhasilan tindakan tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan nilai rata-rata post test I ke post test II. Pada siklus I nilai rata-rata post test sebesar 70,15 dan pada siklus II sebesar 81,07. Secara keseluruhan kenaikan nilai rata-rata adalah 10,92 setelah adanya tindakan dengan dua siklus. Peningkatan juga terjadi pada jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu pada siklus I sebesar 41% dan pada siklus II sebesar 93%, sehingga secara keseluruhan peningkatan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mengalami kenaikan sebesar 52% setelah adanya tindakan dengan dua siklus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Perbankan Dasar, Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:17
Last Modified: 27 Aug 2019 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65528

Actions (login required)

View Item View Item