PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2018/2019

MAHMUDAH, ANIS (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANIS MAHMUDAH_15803241052.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire berdasarkan validasi/penilaian dari ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran; (3) mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire. Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire dinilai kelayakannya oleh 1 ahli materi (Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY), 1 ahli media (Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY) dan 1 praktisi pembelajaran (guru akuntansi SMK Negeri 1 Tempel). Tahap implementasi melalui dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil (9 siswa) dan Uji Coba Lapangan (30 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire dikembangkan melalui lima tahapan yaitu (a) Analisis (Analysis), b) Desain (Design), c) Pengembangan (Development) d) Impelementasi (Implementation) dan e) Evaluasi (Evaluation); (2) tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata 4,53 yang termasuk dalam kategori sangat layak, ahli media diperoleh rata-rata 4,48 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan praktisi pembelajaran diperoleh rata-rata 4,60 yang termasuk dalam kategori sangat layak; (3) Penilaian siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 1 SMK Negeri 1 Tempel diperoleh rata-rata skor keseluruhan 4,24 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire yang dikembangkan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire, ADDIE
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:15
Last Modified: 27 Aug 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65527

Actions (login required)

View Item View Item