PENGARUH KEMATANGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 2 SEWON

Dzakiyah, Faiqah Dzakiyah (2019) PENGARUH KEMATANGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
full_faiqah Dzakiyah_15104241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kematangan sosial terhadap penyesuaian diri pada siswa SMP Negeri 2 Sewon. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Sewon berjumlah 311 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 siswa. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Staratified Random Sampling. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan skala kematangan Sosial dan skala penyesuaian diri dengan empat pilihan jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement. Sedangkan uji realibitas menggunakan teknik alpha cronbach dengan koefisien 0,824 pada skala kematangan sosial dan 0,912 pada skala penyesuaian diri. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana denggan bantuan SPSS For Windows 22.0. Hasil Penelitian menunjukkan nilai signifikasi (Sig) sebesar 0,000. Nilai signifikasi yang lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikasi antara kematangan sosial terhadap penyesuaian diri siswa SMP Negeri 2 Sewon. Hal ini berarti semakin tinggi kematangan sosial yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula penyesuaian diri siswa. Sebaliknya, semakin rendah kematangan sosial siswa, maka semakin rendah pula penyesuaian diri siswa. Sumbangan efektif variabel kematangan sosial terhadap penyesuain diri sebesar 40,7% sedangan sisanya 59,3% berasal dari faktor lain. Kata kunci : Kematangan Sosial, Penyesuaia Diri, Sekolah Inklusif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:54
Last Modified: 26 Aug 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65522

Actions (login required)

View Item View Item