HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP SENSE OF HUMOR GGURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN

Putri, Tri Syafni Putri (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP SENSE OF HUMOR GGURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_TRI SYAFNI PUTRI_15104241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada fenomena rendahnya motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten sejumblah 184 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 119 orang dihitung menggunakan tabel yang dikembangkan Isaach dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa skala persepsi siswa terhadap sense of humor guru dan skala motivasi belajar siswa. Uji validitas instrument menggunakan validitas konstruk dengan uji expert judgment dan analisis butir dengan menggunakan bivariate product moment dalam program SPSS for Windows versi 23.0. Uji reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dan diperoleh nilai koefisien α 0,906 pada skala persepsi siswa terhadap sense of humor guru dan 0,873 pada skala motivasi belajar siswa . Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan statistika non parametrik yaitu uji kendal tau karena data berdistribusi normal sehingga tidak memenuhi syarat uji statistika parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan korelasi koefisien -0,369 dan taraf signifikansi 0,00 (p < 0,05). Nilai R yang diperoleh adalah -0,396 dan R square 0,209. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa. Tanda negatif menunjukan bahwa hubungan bersifat negatif antara persepsi siswa terhadap sense of humorr guru dengan motivasi belajar siswa. Terdapat sumbangan efektif variabel persepsi siswa terhadap sense of humor guru dan motivasi belajar siswa sebesar 18,09% dan 81,91% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: sense of humor, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:42
Last Modified: 26 Aug 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65521

Actions (login required)

View Item View Item