EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMP

Ariska, Desy Ariska (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Desy Ariska 15104244013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok menggunakan media permainan kartu UNO efektif untuk meningkatkan perencanaan karier siswa SMP Negeri 3 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan purposive sampling yaitu 16 siswa kelas VIII yang memiliki skor kemampuan perencanaan karier pada kategori rendah dan siswa yang bersedia untuk menjadi subjek penelitian, subjek dikelompokkan menjadi dua kelompk yaitu 8 orang kelompok eksperimen dan 8 orang kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay terbuka dan skala deskriptif yang telah melalui uji vaiditas oleh expert judgement. Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan media permainan kartu UNO efektif untuk meningkatkan perencanaan karier siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata kemampuan perencanaan karier kelompok eksperimen pada pretest yaitu 14,87 menjadi 26,63 pada hasil rata-rata posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,012 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: bimbingan kelompok, kartu UNO, perencanaan karier

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:32
Last Modified: 26 Aug 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65517

Actions (login required)

View Item View Item