PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP FULL DAY SCHOOL PADA STRESS AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN

Della, Chahya Triana Della (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP FULL DAY SCHOOL PADA STRESS AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
CHAHYA TRIANA DELLA_15104241011_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi stress akademik yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh full day school terhadap stress akademik siswa SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Karanganom Klaten dengan jumlah 762 siswa. Sampel penelitian sebanyak 263 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Alat pengumpulan data berupa skala full day school dan stress akademik. Uji validitas instrumen dengan expret judgement dan uji analisis butir, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan koefisien 0,703 pada skala full day school dan 0,846 pada skala stress akademik. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linear sederhana dengan signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Full day school di SMA Negeri 1 Karanganom sudah berjalan dengan baik dengan perolehan skor 67%, 2) Tingkat stres akademik di SMA Negeri 1 Karanganom tergolong sedang dengan perolehan skor 77%, 3) Ada pengaruh negatif dan signifikan antara full day school dengan stress akademik di SMA Negeri 1 Karanganom Klaten dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang berarti semakin baik program full day school maka semakin rendah stress akademik begitupun sebaliknya, semakin buruk program full day school maka semakin tinggi stress akademik. Kata kunci : full day school, stress akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:43
Last Modified: 26 Aug 2019 04:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65512

Actions (login required)

View Item View Item