PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA YOGYAKARTA

Diana, Destya Rose Diana (2019) PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Destya Rose Diana_14104241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran guru bimbingan dan konseling di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri dan Swasta di Kota Yogyakarta yang sekolahnya memberikan layanan bimbingan dan konseling sebanyak 17 sekolah dengan jumlah siswa 13.413. Ukuran sampel penelitian sebanyak 388 siswa ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya sampel setiap sekolah ditentukan dengan rumus turunan dan menggunakan teknik proposional sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa skala persepsi. Penentuan skorisasi skala didasarkan pada perhitungan skala Likert, sedangkan untuk uji validitas instrumen menggunakan metode expert judgement dan uji reliabilitas yang digunakan adalah uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen, terdapat 40 item yang dinyatakan valid dan reliabel dari jumlah semula sebanyak 60 item. Nilai Alpha Cronbach sebesar 0,793 dan termasuk dalam kategori tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persepsi siswa terhadap peran guru bimbingan dan konseling di sekolah terdapat 6,5% siswa sangat positif, 88,4% siswa positif, dan 5,1% siswa negatif. Uji beda rata-rata menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi antara laki-laki dan perempuan, tingkatan pendidikan/kelas, sekolah negeri dan swasta, serta ada tidaknya layanan bimbingan klasikal. Kata kunci: persepsi, peran guru bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:17
Last Modified: 26 Aug 2019 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65511

Actions (login required)

View Item View Item