PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 4 WATES

Erli Setyowati, Erli Setyowati (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 4 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 4 WATES Oleh : Erli Setyowati 07104244048 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui metode pelatihan manajemen waktu pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 4 Wates. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII B di SMP Negeri 4 Wates sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan subyek dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar matematika dan observasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala motivasi belajar matematika dan pedoman observasi. Penelitian dimulai dari uji coba instrumen, pelaksanaan pre test, pelatihan manajemen waktu, dan post test. Untuk teknik analisis data digunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui pelatihan manajemen waktu. Tindakan pelatihan manajemen waktu yang dilakukan dalam satu siklus meliputi 4 tindakan dengan 3 kali pertemuan. Tindakan 1 peneliti memberikan penjelasan tentang manajemen waktu dan memberikan pertanyaan-pertanyaan serta memberikan permainan yang berkaitan dengan manajemen waktu sebagai gambaran mengenai manajemen waktu, tindakan 2 menjelaskan mengenai prioritas kegiatan, mengarahkan siswa untuk mengingat kembali kegiatan pada hari sebelumnya dan mengelompokannya berdasarkan prioritas kegiatan, tindakan 3 memberikan masalah yang berkaitan dengan manajemen waktu dan mendiskusikan dalam kelompok, tindakan 4 memberi tugas untuk mengaplikasikan manajemen waktu dalam kehidupan sehari-hari dengan pembuatan jadwal kegiatan berdasarkan prioritas. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan perolehan rata-rata pre test sebesar 81,9 dengan kategori sedang menjadi 116 pada post test dengan kategori tinggi dan mengalami peningkatan sebesar 34,1. Pelatihan manajemen waktu dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa karena pada saat sebelum tindakan siswa tidak teratur dalam belajar matematika karena malas, kemudian setelah tindakan siswa lebih tekun dalam belajar matematika, siswa lebih teratur dalam belajar matematika, tidak menunda-nunda dalam mengerjakan tugas ataupun tidak menunda-nunda dalam belajar untuk mempersiapkan ulangan atau ujian dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran matematika. Kata kunci: manajemen waktu, motivasi belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Oct 2012 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item View Item