PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

ALFARISI, BELINDHA YUNITA (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
Undergraduate Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar; (2) Penggunaan Teknologi Informasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar; dan (3) Motivasi Belajar dan Penggunaan Teknologi Informasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan responden siswa kelas X AKL yang berjumlah 95 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, serta analisis regresi ganda dua prediktor untuk menguji hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,645 dan koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,417; (2) Terdapat pengaruh positif Penggunaan Teknologi Informasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,517 dan koefisien determinasi r2x2y sebesar 0,267; (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Penggunaan Teknologi Informasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan koefisien korelasi Ry(1,2) sebesar 0,530; koefisien determinasi r2y(1,2) sebesar 0,281; dan nilai Fhitung sebesar 18,066. Sumbangan relatif variabel Motivasi Belajar adalah sebesar 27,20% dan sumbangan efektif sebesar 7,64%. Sumbangan relatif variabel Penggunaan Teknologi Informasi adalah sebesar 72,80% dan sumbangan relatif sebesar 19,89%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Penggunaan Teknologi Informasi, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:35
Last Modified: 26 Aug 2019 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65505

Actions (login required)

View Item View Item