PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO

Prastya, Gede Estu Jati (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GEDE ESTU JATI P.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo. 2) untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo dan 3) untuk mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, karena hanya mengungkapkan data peristiwa yang sudah berlangsung dan telah ada pada responden tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi terhadap variabel yang diteliti. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 135 siswa, namun data yang berhasil terkumpul hanya sebanyak 89 data. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua memiliki nilai t-hitung sebesar 2,694 dengan sig.t sebesar 0,008 (p < 0,05), berarti variabel perhatian orang tua memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Variabel motivasi belajar memiliki nilai t-hitung sebesar 2,517 dengan sig.t sebesar 0,014 (p < 0,05), sehingga variabel motivasi belajar memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai F-hitung sebesar 12,174 dengan sig.t sebesar 0,000 (p < 0,05), sehingga secara bersama-sama antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang tua, Motivasi Belajar dan Prestasi belajar akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:11
Last Modified: 26 Aug 2019 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65498

Actions (login required)

View Item View Item