EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAY DENGAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA KELAS IV SD BIBIS KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL

Wulan, Wahyu Ramdhanika Wulan (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAY DENGAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA KELAS IV SD BIBIS KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI. 14104241005 WULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berdasarkan observasi terhadap siswa SD yang menunjukkan rendahnya tingkat regulasi diri, sehingga diperlukan adanya metode yang baik, tepat dan teruji dalam meningkatkan regulasi diri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas teknik role play dengan media wayang dalam meningkatkan regulasi diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain eksperimen dengan model nonequivalent control group. Sampel berjumlah 51 siswa dari seluruh siswa kelas IV SD Bibis yang dikelompokkan ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur regulasi diri yaitu skala regulasi diri. Koefisien alpha cronbach’s sebesar 0,949. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil pengukuran awal antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen didapatkan nilai Asymp.sig2tailed 0,00 <  (0,05) yang artinya Ho ditolak atau ada perbedaan hasil pengukuran. Sedangkan pengukuran awal dan akhir kelompok eksperimen didapatkan nilai Asymp sig.2tailed 0,00 <  (0,05) yang artinya Ho ditolak. Sehingga dapat diartikan ada perbedaan hasil pengukuran. Sedangkan pengukuran awal dan akhir kelompok kontrol didapatkan hasil nilai Asymp sig.2tailed 0,32 >  (0,05) artinya Ho diterima atau tidak ada perbedaan hasil pengukuran. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya sejarah, pematangan, alat pengukuran, kemunduran statistik atau regresi, pemberian pre-test, pemilihan subjek yang berbeda, interaksi pematangan, kontaminasi dan bias peneliti. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik role play dengan media wayang efektif untuk meningkatkan regulasi diri siswa kelas IV SD Bibis. Kata Kunci: regulasi diri, wayang, role play

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:33
Last Modified: 26 Aug 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65494

Actions (login required)

View Item View Item