HUBUNGAN KESERIUSAN MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA PROGRAM STUDI TEKNIK BANGUNAN SMK N 1 SEYEGAN

Faiz Maurice , Premata (2012) HUBUNGAN KESERIUSAN MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA PROGRAM STUDI TEKNIK BANGUNAN SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN KESERIUSAN MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA PROGRAM STUDI TEKNIK BANGUNAN SMK N 1 SEYEGAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keseriusan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa program studi teknik bangunan SMK N 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto. Populasi diambil siswa program studi teknik bangunan berjumlah 90 siswa, dan sampel diambil kelas X teknik gambar bangunan, yang dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data variabel keseriusan mengerjakan pekerjaan rumah menggunakan angket tipe Likert dengan rentang skor 1 sampai dengan 5. Sementara variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai ujian tengah semester pada semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Validasi instrumen angket dilakukan menggunakan analisis butir rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan yang signifikan antara keseriusan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa program studi teknik bangunan SMK N 1 Seyegan, dengan dibuktikan koefisien korelasi Rhitung > Rtabel (0,533 > 0,254) dengan koefisien determinan 0,284 (28,4 %).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2012 00:32
Last Modified: 29 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6549

Actions (login required)

View Item View Item