EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 1 KOTA MUNGKID

Arifah, Istiyani Nur Arifah (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 1 KOTA MUNGKID. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI ISTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama terhadap peningkatan etika pergaulan siswa kelas XI SMA N 1 Kota Mungkid. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi siswa yang mengalami gejala-gejala etika pergaulan rendah di SMA N 1 Kota Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive random sampling, dengan kriteria siswa kelas XI yang memiliki etika pergaulan rendah, yang terdiri 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa skala etika pergaulan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik non-parametrik uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama efektif terhadap peningkatan etika pergaulan (sig=0,012<0,05) dengan taraf signifikasi 5 %. Oleh karena itu bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama efektif terhadap peningkatan etika pergaulan pada siswa kelas XI SMA N 1 Kota Mungkid. Kata Kunci: Etika pergaulan, teknik sosiodrama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:25
Last Modified: 26 Aug 2019 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65489

Actions (login required)

View Item View Item