TES KETERAMPILAN SERVIS BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SD NEGERI BONDALEM

Mawahdah, Ana (2019) TES KETERAMPILAN SERVIS BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SD NEGERI BONDALEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_ana mawahdah_15604221030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa ekstrakurikuler sepak takraw di SD Bondalem kabupaten Bantul belum pernah melakukan tes keterampilan dasar bermain sepak takraw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan bermain sepak takraw peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SD Bondalem Bantul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian adalah peserta ektrakurikuler sepak takraw di SD Bondalem yang berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes servis bawah yang diambil dari tes keterampilan dasar bermain dengan validitas 0,667 dan reliabilitas 0,757.Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa tingkat keterampilan bermain sepaktakraw peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Bondalem berada pada kategori “sangat baik” sebesar 6,67% (1 siswa), “baik” sebesar 26,67% (4 siswa), “cukup” sebesar 33,33% (5 siswa), “kurang” sebesar 26,67% (4 siswa), sanagat kurang sebesar 6,67 (1 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan keterampilan servis bawah peserta ekstrakurikuler sepak takraw SD Negeri Bondalem adalah sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tes Keterampilan, Sepaktakraw Siswa Ekstrakurikuler.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:36
Last Modified: 22 Aug 2019 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65466

Actions (login required)

View Item View Item