PERSEPSI MAHASISWA BK FIP UNY TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK)

Budi, Gading Setia Budi (2019) PERSEPSI MAHASISWA BK FIP UNY TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa BK FIP UNY terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK). Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi masih didapati mahasiswa yang melakukan kecurangan akademik untuk mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY yaitu sebanyak sembilan orang. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik sampling insidental. Data dikumpulkan dengan wawancara. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: Mahasiswa memiliki persepsi bahwa IPK penting karena dengan IPK yang baik dapat menunjang karir untuk masa depan, juga merupakan bentuk tolak ukur kemampuan diri, serta melalui IPK yang baik dapat memunculkan respon positif dari orang tua. Selain itu mahasiswa juga memiliki persepsi bahwa IPK tidak menjadi hal yang terpenting tetapi ilmu yang terpenting. Persepsi positif ketika orang lain mendapatkan IPK sesuai dengan etika akademik adalah suatu hal yang pantas menjadi teladan dan pantas mendapatkan apresiasi. Sedangkan tindakan orang lain yang tidak sesuai dengan etika akademik dalam usaha mendapatkan IPK yang tinggi menimbulkan persepsi yang negatif antara lain ketidakpercayaan dari orang lain, membohongi diri sendiri serta mendatangkan kemarahan dari orang lain. Seperti tindakan orang lain yang melakukan kecurangan (menyontek) merupakan tidakan yang tidak sportif dan tidak pantas dilakukan. Selain itu terdapat juga persepsi positif dari mahasiswa bahwa ketika melakukan kecurangan tersebut ada hal yang melatarbelakanginya. Seseorang melakukan kecurangan karena dilatarbelakangi alasan tertentu. Tujuan yang hendak dicapai dalam mendapatkan IPK adalah keinginan untuk mempersiapkan karier ke depannya agar masuk dalam kriteria karir yang diinginkan. Selain itu sebagai bukti pertanggungjawaban kepada orang tua serta memenuhi syarat untuk lulus. Faktor yang mempengaruhi dalam mendapatkan IPK antara lain internal yaitu gengsi dan faktor eksternal yaitu orang tua, teman serta dosen. Kata Kunci : persepsi, indeks prestasi kumulatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:17
Last Modified: 22 Aug 2019 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65461

Actions (login required)

View Item View Item