Untari, Tri Untari (2019) KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA TIPE-TIPE KECENDERUNGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
skripsi_Tri Untari_15104244015.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan subjektif pada kecenderungan kepribadian mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNY angkatan 2016, 2017, dan 2018 sejumlah 142 mahasiswa. Jenis penentuan sampel pada penelitian ini adalah stratified proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala tipe kepribadian modifikasi MBTI dan skala kesejahteraan subjektifberupa kuesioner/angket. Uji validitas instrument menggunakan expert judgment dan uji analisis butir. Uji reliabilitas instrument menggunakan alpha conbach, diperoleh nilai koefisiensi alpha 0,920 pada instrument kesejahteraan subjektifdan 0,668 pada tipe kecenderungan kepribadian modifikasi MBTI. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 7 mahasiswa (4,93%) memiliki tingkat kesejahteraan subjektif pada kategori rendah, 99 mahasiswa (69,72%) memiliki tingkat kesejahteraan subjektif pada kategori sedang, dan 35 mahasiswa (25,35%) memiliki tingkat kesejahteraan subjektif pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya perbedaan tingkat kesejahteraan subjektif yang dimiliki mahasiswa sesuai dengan kecenderungan kepribadian. Kata kunci: tipe kecenderungan kepribadian, kesejahteraan subjektif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 03:13 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 03:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65455 |
Actions (login required)
View Item |