PENGARUH STRATEGI PROBLEM FOCUSED COPING TERHADAP PENGURANGAN STRES AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP

Mujahidah, Nurma Eliya Mujahidah (2019) PENGARUH STRATEGI PROBLEM FOCUSED COPING TERHADAP PENGURANGAN STRES AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi siswa yang mengalami gejala-gelaja stres akademik di SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi problem focused coping terhadap pengurangan stres akademik siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 180 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapat sampel sebanyak 10 siswa, yang terdiri 5 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa skala stres akademik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik non-paramterik uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi problem focused coping berpengaruh terhadap pengurangan stres akademik (sig=0,042 <0,05) dengan taraf signifikasi 5 %. Oleh karena itu strategi problem focused coping berpengaruh terhadap pengurangan stres akademik pada siswa kelas VIII SMP. Kata Kunci: Stres akademik, problem focused coping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:01
Last Modified: 22 Aug 2019 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65453

Actions (login required)

View Item View Item