PENGARUH SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROBLEM FOCUSED COPING PADA SISWA SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG

Wulandari, Agustina Rizky Retno Wulandari (2019) PENGARUH SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROBLEM FOCUSED COPING PADA SISWA SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Agustina Rizky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan dukungan sosial terhadap problem focused coping pada siswa SMA Negeri 2 Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Temanggung sebanyak 635 siswa. Sampel yang diambil berjumlah 244 dihitung menggunakan rumus Taro Yamane dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala self efficacy, skala dukungan sosial, dan skala problem focused coping. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach dan diperoleh nilai koefisien α sebesar 0,871 untuk variabel self efficacy, 0,901 untuk variabel dukungan sosial dan 0,742 untuk variabel problem focused coping. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa self efficacy dan dukungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap problem focused coping. Hal ini ditunjukan dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan persamaan garis regresi Y=30,977+0,601X1+0,202X yang berarti apabila self efficacy mengalami kenaikan 1 satuan dan variabel lain tetap maka Y akan mengalami kenaikan sebesar 0,601. Sementara itu apabila dukungan sosial mengalami kenaikan 1 satuan dan variabel lain tetap maka Y akan mengalami kenaikan sebesar 0,202. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui variabel self efficacy berkontribusi lebih besar terhadap problem focused coping yakni sebesar 85,6%, sementara variabel dukungan sosial berkontribusi terhadap problem focused coping sebesar 14,4%. Kata kunci: self efficacy, dukungan sosial, problem focused coping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2019 02:54
Last Modified: 22 Aug 2019 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65452

Actions (login required)

View Item View Item