PENINGKATAN PERENCANAAN KARIER SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK

Syaiffina, Richa Syaiffina (2019) PENINGKATAN PERENCANAAN KARIER SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI RICHA SYAIFFINA_15104241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karier melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 10 siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kota Mungkid dengan perencanaan karier yang rendah berdasarkan hasil pre-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah worksheet yang telah melalui uji validitas menggunakan expert judgement, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang tiap siklus terdiri dari tiga tindakan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perencanaan karier siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata pre-test 48,9%, post-test siklus I 78,4%, dan post-test siklus II 93,8%. Perencanaan karier merupakan sebuah tahap perkembangan karier dimana individu merencanakan pekerjaan atau profesi di masa depan dengan kemampuan memahami diri dan kemampuan mengolah informasi untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Proses pemberian layanan bimbingan kelompok yaitu dengan siswa diajak memahami karakteristik dalam dirinya, mengumpulkan informasi mengenai program studi dan pekerjaan, kemudian siswa diminta menyesuaikan antara karakteristik diri dengan informasi karier yang telah didapat. Kata kunci: perencanaan karier, bimbingan kelompok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2019 02:41
Last Modified: 22 Aug 2019 02:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65451

Actions (login required)

View Item View Item