PENGARUH BERLATIH ASERTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPENDAPAT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ORGANISASI PADA MAHASISWA ANGGOTA ORMAWA

Tri Wulandari, Wulandari (2019) PENGARUH BERLATIH ASERTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPENDAPAT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ORGANISASI PADA MAHASISWA ANGGOTA ORMAWA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_TRI WULANDARI_15104241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji berlatih asertif terhadap kemampuan berpendapat dalam pengambilan keputusan pada anggota organisasi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain eksperimen dengan model nonequivalent control group. Populasi mahasiswa sejumlah 880 orang. Sampel yang digunakan 27 mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa yang dikelompokkan ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pengambilan keputusan anggota organisasi yaitu skala asertifitas dengan reliabilitas sebesar 0,918. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol didapatkan hasil yaitu sebesar 0,599 dan 0,499 yang berarti bahwa H0 (Hipotesis nol) diterima. Hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan antara hasil pengukuran awal dengan pengukuran akhir kedua kelompok. Dengan demikian hasil yang didapat bahwa berlatih asertif tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpendapat dalam pengambilan keputusan pada mahasiswa anggota ORMAWA dikarenakan ada beberapa faktor dari dalam maupun luar yang mempengaruhi individu dalam pengambilan keputusan. Kata kunci : Berlatih asertif, berpendapat dalam pengambilan keputusan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:05
Last Modified: 21 Aug 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65443

Actions (login required)

View Item View Item