EFEKTIVITAS TEKNIK AFIRMASI POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP N 3 GODEAN

Nisha Hanifatul Fauziah, Fauziah (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK AFIRMASI POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP N 3 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik afirmasi positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP N 3 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling, yaitu 16 siswa kelas VII SMP N 3 Godean, yang memiliki skor skala kepercayaan diri terendah dan siswa yang bersedia untuk dijadikan sebagai subjek penelitian. Subjek dikelompokan menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kepercayaan diri yang telah memiliki reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,903. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji N-Gain score. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, didapatkan nilai N-Gain score sebesar 6,19, dimana nilai N-gain score (g) > 0,7 sehingga termasuk dalam kategori Tinggi dengan nilai N-gain score minimal 2,86 dan maksimal 9. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, teknik afirmasi positif efektif untuk meningkatan kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP N 3 Godean. Kata Kunci: Teknik afirmasi positif, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:51
Last Modified: 21 Aug 2019 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65430

Actions (login required)

View Item View Item