HUBUNGAN STRESS DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MENYUSUN SKRIPSI MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rizqi Nugraheni Susilowati, Susilowati (2019) HUBUNGAN STRESS DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MENYUSUN SKRIPSI MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2. SKRIPSI (UPLOAD).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres dengan efikasi diri pada mahasiswa yang bekerja part time dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 760 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling yang didasarkan pada tabel Krecjie dan Morgan dengan taraf signifikan 5%. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 256 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala stres dan efikasi diri. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif dan signifikan antara stres dengan efikasi diri pada mahasiswa yang bekerja part time (paruh waktu) dalam mengerjakan skripsi yang dialami pada sebagian mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000; yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Nilai R sebesar -0,647 dapat diartikan jika semakin tinggi tingkat stres mahasiswa maka semakin rendah pula efikasi dirinya. Sebaliknya, semakin rendah tingkat stresnya semakin tinggi pula efikasi dirinya. Kata kunci: stres, efikasi diri, bekerja part time, skripsi, mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:41
Last Modified: 21 Aug 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65427

Actions (login required)

View Item View Item