HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK N 1 YOGYAKARTA

. (2019) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK N 1 YOGYAKARTA. ..

[img] Text
GaluhCandrasari_15104244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan komunikasi interpersonal guru dan siswa dan motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa SMK N 1 Yogyakarta, (2) hubungan komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan kemandirian belajar siswa SMK N 1 Yogyakarta, dan (3) hubungan motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa SMK N 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korlasional. Sampel penelitian berjumlah 182 siswa dengan menggunakan tekhnik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan instrument berupa skala komunikasi interpersonal guru dan siswa, skala motivasi berprestasi dan skala kemandirian belajar. Uji normalitas menunjukkan ketiga variabel memiliki distribusi normal, yakni nilai signifikansi > 0,05. Uji linearitas menunjukkan nilai signifikansi 0,365 pada variabel komunikasi interpersonal guru dan siswa serta nilai signifikansi 0,057 pada variabel motivasi berprestasi. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment dan analisis korelasi berganda dengan bantuan Software SPSS V. 22. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan secara bersamaan antara komunikasi interpersonal guru dan siswa dan motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa SMK N 1 Yogyakarta dengan nilai Sig. F Change sebesar 0,000; (2) terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan kemandirian belajar siswa SMK N 1 Yogyakarta dengan nilai signifikansi 0,000; dan (3) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa SMK N 1 Yogyakarta dengan nilai signifikansi 0,000. kata kunci: komunikasi interpersonal, motivasi, belajar.

Item Type: Patent
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:31
Last Modified: 21 Aug 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65426

Actions (login required)

View Item View Item