PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PENYESUAIAN AKADEMIK SISWA PONDOK PESANTREN WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN

Retno Nurul Choeriyah, Choeriyah (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PENYESUAIAN AKADEMIK SISWA PONDOK PESANTREN WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Retno Nurul Choeriyah_15104244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian akademik siswa Pondok Pesantren Wathoniyah Islamiyah Kebumen, (2) mengetahui pengaruh,kecerdasan spiritual terhadap penyesuaian akademik siswa Pondok Pesantren Wathoniyah Islamiyah Kebumen, dan (3) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap penyesuaian akademik siswa Pondok Pesantren Wathoniyah Islamiyah Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto. Sampel penelitian berjumlah 90 siswa terdiri dari 30 laki-laki dan 60 perempuan dengan rentang usia 15-17 tahun yang dipilih dengan cara cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosional, skala kecerdasan spiritual dan penyesuaian akademik. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap penyesuaian akademik. Koefisien regresi sebesar 0,642 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 atau 0,000 < 0,05. Sumbangan atau koefisien determinasi sebesar 0,412 atau 41,2%. (2 terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap penyesuaian akademik. Koefisien regresi sebesar 0,696 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 atau 0,000 < 0,05. Sumbangan atau koefisien determinasi sebesar 0,485 atau 48,5%. (3) terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap penyesuaian akademik. Nilai signifikansi F Change sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0,05 > 0,000) dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,708. Koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,501 atau 50,1%. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Penyesuaian Akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:18
Last Modified: 21 Aug 2019 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65424

Actions (login required)

View Item View Item