PENGARUH KECERDASAN SPIRITUALTERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF SISWA SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Isa Almutia, Almutia (2019) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUALTERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF SISWA SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Isa Almutia_15104241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kesejahteraan subjektif siswa SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta sejumlah 227 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan spiritual dan skala kesejahteraan subjektif berupa kuesioner/angket. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dilanjutkan uji konsistensi item dengan product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan alpha conbach, diperoleh nilai koefisien alpha 0,908 pada instrumen kesejahteraan subjektif dan 0,924 pada instrumen kecerdasan spiritual. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 211 siswa (92,95%) memiliki tingkat kecerdasan spiritual yang tinggi, 16 siswa (7,05%) memiliki tingkat kecerdasan spiritual sedang dan tidak ada siswa yang rendah, (2) sebanyak 176 siswa (77,53%) memiliki tingkat kesejahteraan subjektif yang tinggi, 51 siswa (22,47%) memiliki tingkat kesejahteraan subjektif sedang dan tidak ada siswa yang memiliki tingkat kesejahteraan subjektif yang rendah, (3) Kecerdasan spiritual berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesejahteraan subjektif siswa SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta sebesar 48% dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 14,418. Kata kunci: kecerdasan spiritual, kesejahteraan subjektif, boarding school

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:12
Last Modified: 21 Aug 2019 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65422

Actions (login required)

View Item View Item