Dwiki Ananta Putra, Dwiki (2019) PENGARUH BULLYING VERBAL TERHADAP KEPUTUSAN MENJALIN HUBUNGAN PERTEMANAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
DWIKI ANANTA PUTRA_15104241063.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bullying verbal terhadap keputusan menjalin hubungan pertemanan pada siswa kelas VIII SMP N 4 Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari satu variabel terhadap variabel lain. Responden penelitian sejumlah 115 siswa pada siswa kelas VIII SMP N 4 Wates yang berusia 13- 15 tahun. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 2,672 > ttabel (0,05)(113) sebesar 1,661, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara bullying verbal terhadap keputusan menjalin hubungan pertemanan pada siswa kelas VIII SMP N 4 Wates. Intensitas siswa yang pernah mendapatkan pengalaman bullying verbal pada siswa kelas VIII SMP N 4 Wates memiliki kategori tinggi sebesar 18 siswa dengan persentase 16%, kategori sedang sebesar 76 siswa dengan persentase 66% dan pada kategori rendah sebesar 21 siswa dengan persentase sebesar 18%. Keputusan menjalin hubungan pertemanan pada siswa kelas VIII SMP N 4 Wates sebesar 62 siswa dengan persentase 54% memutuskan berteman dengan pelaku bullying verbal dan sebesar 53 siswa dengan persentase 46% memutuskan tidak berteman dengan pelaku bullying verbal. Kata kunci : pengaruh, bullying verbal, keputusan menjalin hubungan pertemanan,
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 03:01 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 03:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65417 |
Actions (login required)
View Item |