EFEKTIVITAS KONSELING BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Audy Hanny Wiendar, Audy (2019) EFEKTIVITAS KONSELING BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tugas Akhir_Audy Hanny Wiendar_14104241032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji tingkat efektifitas metode Konseling Berfokus Solusi dalam meningkatkan self-control siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest post test group design dengan setting di ruang BK. Populasi penelitian ini meliputi 25 siswa kelas 12 Usaha Perjalanan Wisata 2 SMK Negeri 4 Yogyakarta. Subjek / sampel penelitian ini diambil melalui purposive sampling, dengan 6 siswa kelas 12 UPW 2 di SMKN 4 Yogyakarta dengan tingkat self-control terendah di kelasnya. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan ditambahkan data pelengkap melalui wawancara. Instrumen menggunakan skala self-control dalam pengukurannya. Uji reliabilitas melalui cronbach’s alpha menunjukkan reliabilitas sebesar 0.775. Hasil uji validitas dengan product-moment Pearson, dengan tingkat koefisien ditetapkan sebesar 0,21 menunjukkan rentang skor antara 0,21 - 0,649. Analisis data dilakukan dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada peningkatan self-control melalui pemberian konseling Berfokus Solusi dan tidak. Hal ini ditunjukkan melalui : 1) pretest kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen tidak ada perbedaan, dengan tingkat perbandingan 0.109 > 0.05, 2) Uji terhadap post test kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen tidak ada perbedaan, sebab tingkat perbandingan 0.593 > 0.05, 3) Uji terhadap pretest dengan post test kelompok kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan, sebab tingkat perbandingan 0.593 > 0.05, 4) Uji terhadap pretest dengan post test kelompok eksperimen menunjukkan perbandingan 1 > 0.05. Hasil uji kualitatif, siswa yang mendapat perlakuan merasa lebih baik, hal ini ditunjukkan dengan bagaimana subjek merasa makin bisa mengendalikan emosi dan relasi dengan keluarga membaik. Ditemukan juga bahwa self-control bersifat dinamis dan memerlukan banyak waktu dalam pengembangannya. Kata kunci : konseling berfokus solusi, self-control, siswa SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 20 Aug 2019 09:46
Last Modified: 20 Aug 2019 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65405

Actions (login required)

View Item View Item