UPAYA PENGELOLAAN EMOSI MARAH MAHASISWA WARIA DENGAN LINGKUNGAN SEKITARNYA (Studi kasus tentang upaya pengelolaan emosi marah mahasiswa waria di Yogyakarta dengan lingkungan sekitarnya)

Elly Kurnia, Elly (2019) UPAYA PENGELOLAAN EMOSI MARAH MAHASISWA WARIA DENGAN LINGKUNGAN SEKITARNYA (Studi kasus tentang upaya pengelolaan emosi marah mahasiswa waria di Yogyakarta dengan lingkungan sekitarnya). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Elly Kurnia_14104241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya pengelolaan emosi marah mahasiswa waria dengan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ditentukan secara purposif dengan ciri-ciri: 1) waria yang masih berstatus sebagai mahasiswa di Yogyakarta. 2) mahasiswa yang sudah mantap untuk menjadi seorang waria. 3) sudah merubah anggota tubuhnya menyerupai wanita. 4) sudah berani untuk tampil di depan umum dengan penampilan wanita. Dengan ciri demikian ditemukan subjek sebanyak satu orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif Milles dan Huberman yaitu dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pengelolaan emosi marah mahasiswa waria dengan lingkungan sekitarnya dilakukan dengan: 1) mengenali emosi marah ditunjukkan YB dengan respon diam dan memilih untuk memikirkan terlebih dahulu mengenai tindakan yang akan dilakukan. 2) mengendalikan emosi marah ditunjukkan YB yaitu dengan selalu berpikir positif dan menyadari akan kondisi dirinya yang berbeda dari orang lain. 3) meredakan emosi marah ditunjukkan YB dengan bermain handphone, berdandan, atau meninggalkan tempat yang membuat YB merasa tidak nyaman. 4) mengungkapkan emosi marah secara asertif ditunjukkan YB dengan mendatangi atau menegur secara baik-baik orang yang menurut YB sudah sangat mengganggu dirinya. Kata kunci: pengelolaan emosi marah, mahasiswa waria

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 20 Aug 2019 08:07
Last Modified: 20 Aug 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65397

Actions (login required)

View Item View Item