Peningkatan Kemampuan Penguasaan Materi Belajar Melalui Media Pembelajaran CCTV Pada Siswa Kelas XII Teknik Audio Video SMKN 1 Purwosari.

Herjuna, Paulus Tri Warastra Bayu and Soenarto, Soenarto (2019) Peningkatan Kemampuan Penguasaan Materi Belajar Melalui Media Pembelajaran CCTV Pada Siswa Kelas XII Teknik Audio Video SMKN 1 Purwosari. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Media pembelajaran di SMK pada praktikum Program Keahlian Teknik Audio Video berupa media pembelajaran CCTV adalah salah satu potensi yang dapat digunakan siswa dalam mengenal lebih jauh tentang perkembangan teknologi instalasi CCTV. Tujuan penelitian ini adalah (1) peran media pembelajaran media pembelajaran CCTV pada Program Keahlian Teknik Audio Video SMKN 1 Purwosari Gunungkidul dalam membantu siswa meningkatkan pemahaman materi, dan (2) mengetahui peningkatan prestasi pada mata pelajaran Instalasi Audio Video CCTV di SMKN 1 Purwosari Gunungkidul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terkait erat dengan persoalan praktik pembelajaran sehari-hari yang dihadapi oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Audio Video, Jurusan Teknik Audio Video, SMKN1 Purwosari, Kecamatan Purwosari, Kabupatan Gunungkidul. Subjek Penelitian adalah 28 siswa kelas XII Teknik Audio Video. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran CCTV sudah meningkatkan pemahaman materi Instalasi Audio Video di SMKN 1 Purwosari Gunungkidul. Hal ini dapat dilihat dari indikator proses pembelajaran menunjukkan tingkat partisipasi pada ketujuh aspek indikator yaitu memperhatikan, mencatat, bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, mendiskusikan materi, kemandirian belajar. (2) Penerapan media pembelajaran CCTV dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII Teknik Audio Video di SMKN 1 Purwosari Gunungkidul. Prestasi belajar tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil tes pada setiap akhir siklus. Peningkatan hasil belajar dilihat dari ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 82.14% dan pada siklus III 89.29%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Instalasi Audio Video CCTV
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:40
Last Modified: 31 May 2021 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65393

Actions (login required)

View Item View Item