PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL

Rini, Niken Akmala (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
28. SKRIPSI - NIKEN AKMALA RINI - 14802244005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul, (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul, (3) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul yang berjumlah 34 guru. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 guru di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Uji validasi menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 32,8% dengan nilai koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,328, nilai koefisien korelasi sebesar 0,573, dan nilai thitung > ttabel (3,951>2,03); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 55% dengan nilai koefisien determinasi (r2x2y) sebesar 0,550, nilai koefisien korelasi sebesar 0,742, dan nilai thitung > ttabel (6,252 > 2,03); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 63,2% dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,795, koefisien determinasi (R2y(1,2))/R Square sebesar 0,632, serta nilai Fhitung > Ftabel (26,600 > 3,30). Kepemimpinan kepala sekolah memiliki sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 81,24% dan 51,35%. Motivasi kerja memiliki sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 18,76% dan 11,85%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:17
Last Modified: 20 Aug 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65367

Actions (login required)

View Item View Item