Habsari, Afifah Rochmah Habsari (2019) PENGARUH EXPRESSIVE WRITING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SRAGEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
Afifah Rochmah Habsari_14104244002.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sragen yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh expressive writing terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan dalam tiga treatment. Treatment pertama dilaksanakan dengan meminta siswa menuliskan pengalaman belajar yang pernah dialami siswa. Treatment kedua dilaksanakan dengan meminta siswa menuliskan cita-cita yang ingin dicapai beserta hambatan dan apa yang sudah dilakukan siswa untuk menggapai cita-cita tersebut. Treatment ketiga dilaksanankan dengan meminta siswa menuliskan harapan yang ingin dicapai siswa terkait hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Sragen yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala motivasi belajar dan pedoman observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif berupa analisis deskriptif, dan kualitatif (observasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik expressive writing berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sragen. Peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil skor skala motivasi belajar dan rata-rata skor pre-test 137 dan post-test 161. Peningkatan yang terjadi sebesar 24skor dengan presentase 13 %. Kata kunci: motivasi belajar, expressive writing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 07:12 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 07:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |