PERAN PUBLIC RELATIONS DI KANTOR PRU ADVANTAGE ASURANSI PRUDENTIAL YOGYAKARTA

Saraswati, Nofita (2018) PERAN PUBLIC RELATIONS DI KANTOR PRU ADVANTAGE ASURANSI PRUDENTIAL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
27. SKRIPSI_NOFITA SARASWATI_13802241032.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peran Public Relations di Kantor Pru Advantage Asuransi Prudential Yogyakarta, 2) faktor pendukung dalam melaksanakan peran Public Relations, dan 3) faktor penghambat dalam melaksanakan peran Public Relations. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Assisten Agency Director (AAD), Head Admin, dan agen. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran Public Relations di Kantor Pru Advantage Asuransi Prudential Yogyakarta meliputi: a) peran Public Relations sebagai communicator untuk publik eksternal yaitu penyampaian informasi kepada stakeholder, penyampaian informasi kepada masyarakat sekitar kantor, dan mengadakan kegiatan workshop dan pengenalan program. Sedang untuk publik internal yaitu mengadakan rapat koordinasi staff, b) peran Public Relations sebagai relationship untuk publik eksternal yaitu gathering dengan nasabah dan bekerjasama dengan instansi lain. Sedang untuk publik internal yaitu mengadakan pembinaan rutin, c) peran Public Relations sebagai back up management yaitu menganalisis kebutuhan masyarakat, merencanakan program kegiatan berdasarkan masukan masyarakat, berkoordinasi antar bidang dan mengadakan evaluasi program kerja, d) peran Public Relations sebagai good image maker diwujudkan dengan memberikan pelayanan jasa asuransi kepada publik, ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat. 2) faktor pendukung dalam melaksanakan peran Public Relations yaitu: a) komunikasi yang baik antara agen dengan nasabah, b) kerjasama yang baik antar karyawan, dan c) kerjasama yang baik dengan pihak yang berkepentingan. 3) media komunikasi yang digunakan yaitu: a) media komunikasi langsung seperti melalui rapat staff, penyampaian informasi kepada stakeholder, penyampaian informasi kepada masyarakat sekitar kantor, dan ikut seta dalam kegiatan sosial di masyarakat, b) media komunikasi tidak langsung meliputi brosur, poster, e-mail, website dan telepon. 4) faktor penghambat dalam melaksanakan peran Public Relations yaitu: a) bagian yang merangkap peran sebagai Public Relations memiliki tugas yang overload, b) pelaksanaan tugas belum maksimal, c) sarana kerja belum memadai, dan d) terdapat agen yang tidak aktif terhadap nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran Public Relations, Kantor Pru Advantage Asuransi Prudential Yogyakarta
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:18
Last Modified: 20 Aug 2019 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65364

Actions (login required)

View Item View Item