Pengembangan Instrumen Tes Terintegrasi Agama dan Sains untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI SMA Negeri Kelas X.

Bahri, Muhammad Fajrul and Supahar, Supahar (2019) Pengembangan Instrumen Tes Terintegrasi Agama dan Sains untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI SMA Negeri Kelas X. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyusun dan menghasilkan instrumen tes terintegrasi agama dan sains untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran PAI SMA Negeri kelas X, 2) mengetahui karakteristik instrumen tes, 3) menguji kualitas instrumen tes yang telah disusun, dan 4) mendeskripsikan hasil pengukuran dari instrumen tes. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berfokus pada konstruksi tes dan pengukuran kemampuan kognitif. Model pengembangan menggunakan modifikasi model Oriondo & Dallo-Antonio yang dirumuskan dalam tiga tahap: 1) tahap perencanaan instrumen, 2) tahap uji coba instrumen pada 563 siswa SMA kelas X di Kota Yogyakarta 3) tahap interpretasi hasil uji coba instrumen yang meliputi pembuktian validitas empiris (Goodness of Fit), reliabilitas tes, dan analisis parameter item secara keseluruhan dilakukan menggunakan program Quest dan Parscale, dan 4) tahap pengukuran kemampuan berpikir kritis. Hasil pengembangan berupa instrumen tes terintegrasi agama dan sains untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dalam bentuk pilihan ganda beralasan tertutup yang terdiri dari dua paket tes. Total item tes pada instrumen sebanyak 45 item yang terdiri dari 25 item dengan 5 item bersama (anchor). Item tes memiliki tingkat kesukaran sedang dengan rentang -1,64 sampai 1,38 sehingga semua item tergolong baik. Analisis parameter item dengan program Quest dan Parscale diperoleh keseluruhan item fit dengan PCM. Estimasi reliabilitas tes menurut teori tes klasik ditunjukkan oleh koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,70 dan menurut kurva total fungsi informasi dan SEM yang berdasar pada teori respon butir (IRT) instrumen tes cocok untuk rentang kemampuan -1,75 sampai +3. Estimasi validitas instrumen tes menggunakan formula Aiken diperoleh rentang indeks antara 0,75 sampai 1. Dengan demikian instrumen tes terbukti reliabel dan valid. Hasil pengukuran kemampuan berpikir kritis peserta didik tergolong rendah ditunjukkan oleh θ rata-rata sebesar -0,11 pada rentang skor -0,62 sampai 0,14. Sejumlah tujuh guru pengguna instrumen tes menyatakan bahwa instrumen tes layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian instrumen tes cocok dan layak digunakan untuk mengukur hasil pembelajaran khususnya pada kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: integrasi, agama, sains, berpikir kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:57
Last Modified: 26 Oct 2021 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65363

Actions (login required)

View Item View Item