Widiyaningtyas, Eva (2018) PENGARUH EFIKASI DIRI SISWA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
25. SKRIPSI_EVA WIDIYANINGTYAS_14802244009.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya pengaruh efikasi diri siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan; (2) besarnya pengaruh metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan; (3) besarnya pengaruh efikasi diri siswa dan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah 54 siswa kelas X di SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 43,7%, terdapat pengaruh positif dengan nilai rx1y sebesar 0,661, terbukti signifikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu 6,349>2,007. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 31,8%, terdapat pengaruh positif dengan nilai rx2y sebesar 0,564, terbukti signifikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu 4,928>2,007. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 49,9%, terdapat pengaruh positif dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,707, terbukti signifikan dengan nilai Fhitung>Ftabel yaitu 25,427>3,18.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri, Metode Mengajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi |
Depositing User: | Administrasi Perkantoran |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 07:06 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 07:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |